Gaung Media Seni Budaya Pentingnya Seni Dalam Kehidupan

Pentingnya Seni Dalam Kehidupan


Di Jerman, sejak siswa mulai belajar di sekolah taman kanak-kanak, mereka sudah diajari soal seni dan sastra. Hal tersebut menunjukan betapa seni dan sastra dapat menyeimbangkan emosi anak-anak.

Karya seni memang dalam kehidupan sehari-hari mempunyai fungsi, sebagai sarana penunjang kehidupan. menunjang lancarnya proses belajar mengajar. Dalam konteks ini karya seni sebagai mediator penyampaian pesan dalam proses belajar.

Menurut Chapman fungsi dari seni dibagi menjadi enam bagian, yaitu fungsi pribadi,fungsi masyarakat,fungsi fisik, fungsi keagamaan, fungsi pendidikan dan fungsi ekonomi. Pengertian fungsi seni dalam individu, adalah konsep penciptaan seni yang lebih menekankan pada proses emosional dari sang seniman.

Kesenian dalam kehidupan manusia ikut mendidik manusia dan masyarakat menjadi beradab, agar kehidupan manusia menjadi lebih harmonis. Seni menjadikan manusia berbudi luhur. … Juga karya-karya kesenian klasik yang puitik heroik maupun karya-karya modern, kesemuanya memberi pengaruh yang besar dalam peradaban manusia.

Manusia membutuhkan seni untuk memenuhi kebutuhan. Melalui seni budaya, siswa diajak mengembangkan jiwa kreatifitas, kepekaan indrawi serta mampu berkreasi seni dalam lingkungan dan kondisi yang terarah, sebagai bekal siswa pada saat berperan langsung sebagai pelaku kehidupan bermasyarakat.