Gaung Media Seni Budaya 10 Tempat Konser Musik Terbesar di Indonesia

10 Tempat Konser Musik Terbesar di Indonesia


Indonesia sendiri ternyata punya banyak venue konser yang paling terkenal dan paling sering digunakan. Tapi mungkin beberapa daftar di bawah ini ada juga yang baru kamu ketahui dan bisa nambah wawasan baru, mungkin saja kamu akan nonton konser di venue ini nantinya.

1. Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) – Jakarta
Tidak mungkin kamu tidak tahu Stadion Utama Gelora Bung Karno yang terletak di Jakarta ini. Stadion bola ini dibangun zaman Soekarno dan memang sudah banyak diketahui menjadi pilihan tempat konser musik paling terkenal di Indonesia, bahkan sejak tahun 70-an, lho. GBK kala itu masih bernama Stadion Senayan.

Tahun 1975 pernah menjadi venue konser musik legendaris yang menampilkan Deep Purple. Fakta uniknya adalah konser ini merupakan konser internasional pertama yang diselenggarakan di Indonesia. Jadi, nilai historisnya memang melekat banget.

Tidak hanya itu, Stadion GBK juga sukses menjadi tempat pagelaran pembukaan Asian Games 2018. Memang benar deh GBK ini tempat yang optimal untuk menggelar konser berskala besar.

Bagaimana tidak, kapasitasnya saja mampu menampung lebih dari 77 ribu penonton. Bahkan sekarang pencahayaan GBK didukung dengan 3.500 lux, 3 kali lipat lebih terang dari sebelumnya.

Makanya dengan kapasitas sebesar itu, Stadion GBK sering kali menjadi pilihan utama sebagai venue konser musik terbesar berskala internasional. Beberapa penyanyi internasional yang pernah manggung di sini antara lain, Metallica, Guns N’ Roses, Ed Sheeran, One Direction, Bon Jovi, dan masih banyak lagi.

2. Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK) – Bali
Venue konser terbesar kedua di Indonesia ada di Bali yaitu Garuda Wisnu Kencana (GWK). Total area di taman budaya ini memiliki kapasitas hingga 75 ribu orang. Bayangkan saja, patung GWK yang menjulang tinggi itu adalah ikon tertinggi se-Indonesia dan berdiri dengan gagah.

Makanya wajar banget kalau kapasitas untuk total area GWK ini mencapai 75 ribu orang. GWK memang belum menjadi tempat konser yang sering digunakan oleh artis-artis mancanegara karena biasanya mereka akan konser di Jakarta.

Tapi GWK pernah menjadi tuan rumah festival musik besar di Indonesia yaitu Djakarta Warehouse Project atau lebih dikenal dengan DWP. Tahun 2018 DWP membawa konsernya ke Bali dengan line up artis internasional seperti The Weeknd, Major Lazer, dll.

3. Allianz Ecopark – Jakarta
Tempat ini berada di dalam Taman Impian Jaya Ancol yang merupakan sebuah taman terbuka hijau yang dulunya lapangan golf seluas 32 hektare. Kini Allianz Eco Park dimanfaatkan sebagai tempat menyelenggarakan berbagai acara.

Di sana terdapat enam venue dengan kapasitas 150 hingga 30.000 orang. Tempatnya pun mulai dari indoor hingga outdoor. Kapastitas yang cukup besar itu tentu saja sangat cocok digunakan untuk acara konser musik internasional.

4. Indonesia Convention Exhibition (ICE) – BSD, Tangerang
Venue konser terbesar di Indonesia lainnya ada di Tangerang, yaitu Indonesia Convention Exhibition (ICE). Tempat konser satu ini juga sering kali menjadi lokasi pagelaran festival muskin berskala internasional.

Tentunya kapastitas yang dimiliki venue ICE sangat besar dengan total 5.000 sampai 18.000 orang. Tempat konser dibuka tahun 2015 dan sudah banyak artis-artis mancanegara mengadakan konser di sini.

Selain venue yang besar, ICE BSD juga mempunyai gaya arsitektur yang modern sehingga menampilkan kesan yang elegan. Konser musik yang pernah diadakan di sini antara lain ada Super Junior, Michael Bublé, Katy Perry, Big Bang, EXO, 5 Seconds of Summer, Girls Generation, Selena Gomez, iKON, BTS, CNBLUE, Wanna One, Twice, Blackpink, dan banyak lagi.

5. Jakarta Convention Center (JCC) – Jakarta
Nggak jauh dari Stadion GBK, kita punya venue konser lainnya, yaitu Convention Center (JCC) yang memiliki kapasitas hingga 15.000 penonton di seluruh ruangannya. Berbeda dengan ICE BSD yang berada di Tangerang, JCC ini berada di tengah kota sehingga mudah diakses.

Tentunya JCC ini juga sudah sering digunakan untuk banyak konser dari musisi internasional seperti, Rod Stewart, Janet Jackson, Kitaro, Alicia Keys, Mariah Carey, Enrique Iglesias, Roxette, dll.

6. Jakarta International Expo (JIExpo) – Jakarta
Satu lagi tempat konser di Indonesia yang namanya sudah nggak asing untuk kita. Jakarta International Expo (JIExpo) sudah sering menjadi tuan rumah andalan Jakarta Fair yang juga tempat favorit penyelenggaraan konser.

Tempat yang luas dan memiliki banyak hall ini menjadi penawaran yang menarik untuk promotor musik. Kapasitasnya sendiri pun berkisar antara 5.000 sampai 12.000 orang. Artis-artis internasional pun pernah mengadakan konser di sini.

Misalnya 2PM, Jessie J, One Republic, Ariana Grande, SHINee, Martin Garrix, The Chainsmoker, Backstreet Boys, dll. Selain konser musik internasional, JIExpo Kemayoran juga kerap menghadirkan festival musik seperti Java Jazz Festival dan banyak lainnya.

7. Sentul International Convention Center (SICC) – Bogor
Venue ini memiliki luas gedung 22.000 meter persegi yang menjadikan SICC salah satu venue mewah yang dapat menampung hingga 12 ribu orang. Sudah banyak juga artis internasional yang mengadakan konser mereka di venue ini.

Meskipun letaknya tak ada di pusat kota, tapi SICC cukup mudah diakses melalui jalan tol. Beberapa artis yang pernah mengadakan konsernya di sini adalah Justin Bieber, Shawn Mendes, Katy Perry, Celine Dion, dan lain-lain.

8. Stadion Madya GBK – Jakarta
Stadion Madya ini merupakan stadion sekunder di Kompleks Olahraga Geora Bung Karno. Makanya kapasitasnya tak sebanyak di Stadion GBK hanya sebanyak 9.170 penonton. 9 kali lipat lebih kecil dibandingkan Stadion Utama GBK.

Stadion Madya GBK ini tampaknya baru sekali dijadikan tempat konser yaitu konser mendatang Justin Bieber di Indonesia. Meskipun standar Stadion Madya ini sudah internasional dan kerap kali direnovasi.

9. Tennis Indoor Senayan – Jakarta
Tennis Indoor Senayan memang memiliki kapasitas penonton yang hanya 5.200 orang saja. Tapi venue ini juga sering, lho digunakan sebagai tempat artis mancanegara konser di Indonesia. Seperti IU, LANY, WINNER, iKON, Louis Tomlinson, Owl City, Westlife dan lain-lain.

10. Aula Simfonia – Jakarta
Aula Simfonia ini adalah balai konser yang memiliki kapasitas mencapai 1.200 orang. Balai ini merupakan bagian dari Reformed Millennium Center Indonesia. Tentunya berbeda dengan tempat-tempat konser lainnya, di sini kamu lebih akan menyasikan acara-acara musik klasik.

Itulah venue konser terbesar di Indonesia, mana saja yang sudah sering kamu datangi? Kalau sudah rindu berat nonton konser, harap bersabar karena kemungkinan sudah mulai banyak jadwal konser di tahun ini dan seterusnya. (fir)