Gaung Media Nasional Sustainable Development 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) yang diusulkan oleh PBB

Sustainable Development 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) yang diusulkan oleh PBB


Sustainable Development adalah konsep pembangunan yang memadukan pertumbuhan ekonomi, kesejahteraan sosial, dan pelestarian lingkungan untuk memenuhi kebutuhan generasi saat ini tanpa mengorbankan kemampuan generasi masa depan memenuhi kebutuhan mereka.

PBB mempromosikan konsep ini melalui Agenda 2030 untuk Pembangunan Berkelanjutan, yang mencakup 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) untuk mencapai keseimbangan tersebut secara global.

Berikut adalah 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) yang diusulkan oleh PBB:

  1. Tidak Ada Kemiskinan (No Poverty): Mengakhiri kemiskinan di semua bentuk di seluruh dunia.
  2. Tidak Ada Kelaparan (Zero Hunger): Mengakhiri kelaparan, mencapai ketahanan pangan, pemakanan yang baik, dan pemulihan pertanian yang berkelanjutan.
  3. Kesehatan dan Kesejahteraan (Good Health and Well-being): Memastikan kesehatan yang baik dan mempromosikan kesejahteraan bagi semua pada semua usia.
  4. Pendidikan Berkualitas (Quality Education): Memastikan pendidikan inklusif, berkualitas, dan berkelanjutan serta kesempatan belajar seumur hidup untuk semua.
  5. Kesetaraan Gender (Gender Equality): Mencapai kesetaraan gender dan memberdayakan semua perempuan dan gadis.
  6. Air Bersih dan Sanitasi (Clean Water and Sanitation): Memastikan ketersediaan air bersih dan sanitasi yang baik.
  7. Energi Terjangkau dan Bersih (Affordable and Clean Energy): Memastikan akses semua orang terhadap energi yang terjangkau, andal, berkelanjutan, dan modern.
  8. Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi (Decent Work and Economic Growth): Mencapai pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan pekerjaan layak untuk semua.
  9. Industri, Inovasi, dan Infrastruktur (Industry, Innovation, and Infrastructure): Membangun infrastruktur yang tangguh, mempromosikan industrialisasi yang inklusif dan berkelanjutan, serta mendorong inovasi.
  10. Pengurangan Ketidaksetaraan (Reduced Inequality): Mengurangi ketidaksetaraan dalam dan antarnegara.
  11. Kota dan Permukiman yang Berkelanjutan (Sustainable Cities and Communities): Membuat kota dan pemukiman inklusif, aman, tangguh, dan berkelanjutan.
  12. Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab (Responsible Consumption and Production): Memastikan pola konsumsi dan produksi yang berkelanjutan.
  13. Tindakan Terhadap Perubahan Iklim (Climate Action): Mengambil tindakan segera untuk mengatasi perubahan iklim dan dampaknya.
  14. Kehidupan di Bawah Air (Life Below Water): Mempertahankan keberlanjutan pemanfaatan sumber daya laut dan melindungi kehidupan laut.
  15. Kehidupan di Darat (Life on Land): Mempertahankan, memulihkan, dan menggalakkan pengelolaan berkelanjutan ekosistem daratan.
  16. Perdamaian, Keadilan, dan Institusi yang Kuat (Peace, Justice, and Strong Institutions): Meningkatkan akses terhadap keadilan bagi semua dan membangun institusi yang efektif, akuntabel, dan inklusif.
  17. Kerjasama untuk Tujuan-Tujuan (Partnerships for the Goals): Meningkatkan sarana pelaksanaan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan melalui kemitraan global yang solid.

Pembangunan Berkelanjutan adalah pendekatan untuk memenuhi kebutuhan saat ini tanpa mengorbankan kemampuan generasi masa depan untuk memenuhi kebutuhan mereka. Ini mencakup keseimbangan antara aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan untuk mencapai perkembangan yang berkelanjutan. (fir)