Gaung Media Nasional Amerika Serikat dan Indonesia Rayakan 75 Tahun Hubungan Diplomatik

Amerika Serikat dan Indonesia Rayakan 75 Tahun Hubungan Diplomatik


JAKARTA. 6 Maret 2024. Para pejabat pemerintah AS dan Indonesia meluncurkan perayaan bersama 75 tahun hubungan diplomatik AS-Indonesia, dengan merilis penjenamaan peringatan dan tema “Keberagaman, Demokrasi, Kemakmuran” dalam sebuah acara publik di pusat kebudayaan Kedutaan Besar AS @america di Jakarta.

Setelah peningkatan hubungan bilateral AS-Indonesia menjadi Kemitraan Strategis Komprehensif pada bulan November 2023, dan Rencana Kegiatan 2024-2028, Perayaan ke-75 tahun hubungan AS-Indonesia (#IndonesiaUSA75) akan menampilkan acara-acara publik, program pertukaran, dan lomba-lomba khusus sepanjang tahun 2024, yang menekankan pada nilai-nilai dan tujuan bersama, serta menyoroti kerja sama yang mencakup keamanan, ekonomi, pendidikan, iklim, dan hubungan antar masyarakat.

“Saat kita merayakan persahabatan yang mendalam, kemitraan yang erat, dan 75 tahun hubungan diplomatik, kami berkomitmen untuk bekerja sama mengatasi tantangan-tantangan yang muncul di abad ke-21 dan mewujudkan masa depan yang lebih baik bagi warga negara kita,” kata Kuasa Usaha Ad Interim Kedutaan Besar AS Michael F. Kleine.

Bersama KUAI Kleine, Direktur Jenderal Amerika dan Eropa Kementerian Luar Negeri RI, Dubes Umar Hadi, membuka kegiatan di @america. “Dengan memperingati nilai-nilai Keberagaman, Demokrasi, dan Kemakmuran melalui peringatan 75 tahun ini, Amerika Serikat dan Indonesia menegaskan kembali kemitraan dan dedikasi berkelanjutan kedua negara untuk mendorong dunia di mana keberagaman dirayakan, demokrasi dijunjung tinggi, dan kemakmuran dimiliki oleh semua orang,” kata Dubes Umar Hadi.

Wakil Asisten Menteri Luar Negeri AS Melissa A. Brown, yang mengepalai Kantor Urusan Maritim Asia Tenggara dan Kantor Urusan Daratan Asia Tenggara di Washington, DC, bergabung dalam acara peluncuran tersebut dalam kesempatan kunjungannya di Jakarta, serta berpartisipasi dalam diskusi panel bersama Direktur Jenderal Badan Strategi Kebijakan Luar Negeri KEMLU Dr. Yayan GH Mulyana. Wakil Asisten Menlu Brown menyebutkan, “Kami terus meningkatkan kemitraan yang berakar pada nilai-nilai bersama, mendukung stabilitas dan kemakmuran yang luas. Ada banyak hal yang dapat dicapai bersama sebagai dua negara demokrasi dengan keberagaman, menciptakan masa depan yang sejahtera bagi generasi mendatang masyarakat Indonesia dan Amerika.”

Dr. Yayan Mulyana menjelaskan, “AS dan Indonesia kini memiliki kemitraan strategis dan komprehensif. Hal ini mencerminkan kedalaman komitmen dan kedalaman investasi dari rasa saling menghormati dan kerja sama tidak hanya bagi kedua negara tetapi juga melampaui kedua negara hingga kawasan termasuk Asia Tenggara dan Indo-Pasifik.”

Kegiatan peringatan 75 tahun Hubungan AS-Indonesia tahun 2024 meningkatkan sebuah kemitraan yang berakar pada nilai-nilai bersama, termasuk keberagaman dan demokrasi, dalam mendukung stabilitas dan kemakmuran yang luas:

Amerika Serikat dan Indonesia menganut keberagaman sebagai sumber kekuatan, sebagaimana tercermin dalam semboyan bangsa masing-masing: “Bhinneka Tunggal Ika” dan “E Pluribus Unum” – berbeda-beda tetap satu.

Sebagai negara demokrasi terbesar kedua dan ketiga di dunia, kepentingan bersama mencakup inklusivitas, menjaga hak asasi manusia, menjunjung kebebasan pers, dan menjamin kebebasan beragama. Kemitraan yang erat dalam isu-isu regional dan global, mulai dari mendorong penghormatan terhadap batas-batas internasional hingga memperluas perdagangan dan investasi, meningkatkan kemakmuranbagi masyarakat Amerika dan Indonesia, serta kawasan Indo-Pasifik yang lebih luas. Kegiatan HUT ke-75 Hubungan AS-Indonesia tahun 2024. (fir)