Gaung Media Seni Budaya Molluca Bamboowind Orchestra

Molluca Bamboowind Orchestra


Molucca Bamboowind Orchestra (MBO) adalah orkestra unik, yang terdiri dari 100 seruling bambu, perkusi tradisional dari Maluku (tifa, totobuang, dan lain-lain). Orkestra ini terutama memiliki fokus pada batas-batas musik klasik, pop dan musik tradisional.

Pada tahun 2005 Orkestra ini didirikan oleh komposer dan konduktor Maynart Rence Alfons, seorang alumni dari Institut Seni Indonesia di Yogyakarta.

Para pemain orchestra yang seluruhnya adalah masyarakat Maluku ini saling bahu membahu untuk menciptakan keharmonisan dan keselarasan suara.

Orkestra yang dipimpin oleh Rence Alfons ini didominasi alat musik suling bamboo, yang para anggotanya bukanlah mereka yang memiliki latar belakang pendidikan musik formal. Dari pelajar SMP hingga mahasiswa, petani pemeras nila, tukang ojek, montir bengkel, PNS dan pensiunan PNS, Polisi dan pensiunan Polisi, serta guru.

MBO memiliki misi yang lebih mulia yang tersimpan yaitu, mengubah suatu irama kehidupan yang bernuansa kemanusiaan. Selain membangkitkan sisi kemanusiaan melalui musik, Rence sekaligus ingin melestarikan alat musik tradisional Ambon yang diwarisi sejak abad 18, Suling Bambu.