Gaung Media Seni Budaya Genre Musik Yang Paling Sering Didengar

Genre Musik Yang Paling Sering Didengar


Sejak September 2021, beberapa genre musik sedang populer dan banyak didengarkan oleh orang-orang di seluruh dunia. Sangat penting untuk menyadari bahwa tren musik dapat berubah dari waktu ke waktu, dan genre baru dapat muncul sementara yang lain mungkin menurun popularitasnya. Berikut adalah beberapa genre yang lazim pada saat itu:

Pop: Musik pop memiliki daya tarik yang luas dan dicirikan oleh melodi yang menarik, ritme yang ceria, dan lirik yang sering berfokus pada cinta dan hubungan.

Hip-Hop/Rap: Hip-hop dan rap telah menjadi genre yang berpengaruh selama beberapa dekade, dikenal dengan lirik yang diucapkan secara ritmis dan beragam sub-genre.

Rock: Meskipun popularitasnya telah berkembang dari waktu ke waktu, musik rock terus memiliki basis penggemar yang berdedikasi dan banyak sub-genre.

Elektronik/Dance: Musik elektronik, termasuk sub-genre seperti EDM (Electronic Dance Music), trance, dan house, telah memperoleh popularitas yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir.

R&B (Rhythm and Blues): R&B ditandai dengan vokal yang penuh perasaan dan biasanya membahas tema cinta dan hubungan.

Country: Musik country tetap populer, terutama di daerah tertentu, dengan temanya yang sering berkisar pada pengalaman hidup dan penceritaan.

Latin: Musik Latin, yang mencakup genre seperti reggaeton, salsa, dan bachata, telah mengalami lonjakan popularitas global, melintasi hambatan bahasa.

K-Pop: Musik pop Korea, yang dikenal sebagai K-Pop, telah mendapatkan banyak pengikut internasional dengan lagu-lagunya yang menarik, pertunjukan yang rumit, dan video musik yang menarik secara visual.

Indie/Alternatif: Kancah musik indie dan alternatif terus berkembang, menarik pendengar yang menghargai suara non-mainstream dan beragam.

Jazz: Jazz, dengan sejarahnya yang kaya dan beragam sub-genre, tetap berpengaruh di dunia musik.

Reggae: Musik reggae berada di peringkat 10 besar genre musik yang paling banyak didengarkan, dari lebih dari 500 genre musik di dunia, menurut studi Engaging with Music 2022 oleh International Federation of the Phonographic Industry (IFPI).

Musik reggae tetap populer saat ini, meskipun tingkat popularitas arus utama bervariasi di berbagai wilayah dan negara. Meskipun mungkin tidak mendominasi tangga lagu global seperti beberapa genre lainnya, reggae terus memiliki basis penggemar yang berdedikasi dan dampak budaya yang signifikan.

Penting untuk dipahami bahwa selera dan tren musik dapat sangat bervariasi di antara kelompok usia, wilayah, dan latar belakang budaya yang berbeda. Munculnya platform streaming dan media sosial juga memainkan peran penting dalam penyebaran cepat genre dan artis baru. Untuk informasi terkini tentang genre musik populer, sebaiknya merujuk ke sumber terbaru seperti chart musik dan platform streaming. (fir)