Gaung Media Daerah Apel Siaga Dan Deklarasi Damai Bawaslu Kabupaten Kediri

Apel Siaga Dan Deklarasi Damai Bawaslu Kabupaten Kediri


GaungMedia.com Kediri _Siaga Pemilu 2024: Apel Bersama di Simpang Lima Gumul untuk Menyongsong Proses Demokrasi

Hari ini, 23 November 2023 pagi, di kawasan Simpang Lima Gumul telah berlangsung kegiatan apel siaga Pemilu 2024 yang diselenggarakan oleh Bawaslu Kabupaten Kediri. Acara ini merupakan bagian dari upaya untuk memastikan tahapan Pemilu 2024 berjalan lancar dan sukses sesuai konstitusi dan undang-undang.

M. Saifuddin Zuhri, M.Pd.I., M.H Ketua Bawaslu Kabupaten Kediri, menyampaikan komitmen untuk merujuk pada peraturan perundang-undangan sebagai landasan tindakan, tetapi juga menekankan pentingnya upaya pencegahan.

“Kami memaksimalkan pencegahan melalui edukasi dan sosialisasi kepada seluruh elemen masyarakat, termasuk stakeholder, tokoh masyarakat, organisasi, dan partai politik. Tujuannya adalah mencegah kecurangan sejak dini,” ungkap Saifudin Zuhri (23/11).

Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana dalam sambutan yang dibacakan wakilnya, Dewi Mariya Ulfa menekankan pentingnya arah pemilu yang sesuai undang-undang, yaitu demokratis serta diharapkan menjadi pemerintahan yang mendapatkan legitimasi yang kuat dan amanah.

Dalam kesempatan itu, Ina Miftuhatis S, Ketua Koordinator Sekretariat Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) Kabupaten Kediri, menyatakan bahwa tahapan yang dilakukan oleh Bawaslu sudah sesuai.

“Sejauh ini dilakukan dengan baik, dan mari mengajak semua pihak untuk bersatu dalam menjaga integritas Pemilu aman damai,” ungkap Ina Miftuhatis S kepada crew (23/11).

Boharianto, perwakilan Panwascam Kecamatan Papar, menambahkan bahwa acara ini sangat penting untuk menjaga keberlangsungan Pemilu dari tingkat terendah.

“Ini bukan hanya slogan, Bawaslu harus benar-benar menerapkan aturannya sampai bawah sehingga tidak berbenturan,” ungkap Boharianto.

Apel ini bertujuan melihat kesiapan dari semua pihak. Pihak Bawaslu Kabupaten Kediri akan terus melakukan sosialisasi kepada semua elemen masyarakat agar masyarakat melek pemilu. Yang mana melek pemilu tidak hanya datang ke TPS, namun bagaimana pemilu ini berintegritas.
Acara apel dilanjutkan dengan deklarasi Damai oleh Bawaslu Kabupaten Kediri dengan FORKOPIMDA, Parpol, Organisasi Kepemudaan, Tokoh Agama dan Jurnalis PJI, PWI, AJI serta IJTI sewilayah Kediri, dengan ditandai pelepasan burung Merpati sebagai simbol perdamaian dan penandatanganan merupakan tanda komitmen seluruh pihak mengawal dan mengawasi proses Pemilu 2024 aman, nyaman jujur dan adil.
(Red)