Gaung Media Daerah Kampung Angkringan Kampung Inggris

Kampung Angkringan Kampung Inggris


Sabtu 23 Juli 2022 tanah lapang di pojokan pertigaan jalan Sakura dan jalan Kamboja Desa Tulungrejo mendadak ramai. Warga yang berduyun duyun mendatangi tempat tersebut menjadi sebuah pemandangan menarik untuk diketahui. Deretan rombong angkringan, panggung, dan suara dari sound system memecah kesunyian tempat yang berada di depan makam umum itu.

Kampung Angkringan Kampung Inggris namanya, sebuah destinasi kuliner baru di kawasan Kampung Inggris Pare. ” Kami mengawali pembukaan Kampung Angkringan Kampung Inggris pada malam hari ini mas, nanti kita akan buka setiap malam ” kata Edy Yuliarso koordinator Kampung Angkringan Kampung Inggris. Menurut Edy, masa persiapan ini “hanya” 23 hari saja. Bekerja bersama-sama dengan warga sekitar, solid dalam bekerja dan saling memahami pekerjaan masing-masing adalah kunci dari cepatnya progress pekerjaan katanya.

Ada lebih dari 20 angkringan yang buka pada malam kemarin, tenda nasi jinggo bali, tenda nasi krawu gresik, tenda makanan tradisional macam ketela rebus pisang rebus dan wedang ronde hingga makanan kekinian berupa korean street food pun tersaji.

Direktur BUMDes Tulungrejo Makmur DR H Trisulo, SE, MM mengatakan ” Kampung Angkringan Kampung Inggris adalah salah satu unit dari BUMDes Tulungrejo Makmur, kami juga memiliki banyak unit usaha – unit usaha lain. Besar harapan kami akan tercapainya banyak unit usaha lain yang akan bekerja sama dengan pihak lembaga-lembaga kursus bahasa ataupun korporasi lainnya “.

Pihak Pemerintah Desa Tulungrejo yang dalam kesempatan ini diwakili oleh Bapak Imam Sayuti menyampaikan bahwa penduduk desa Tulungrejo yang religius, semoga juga bisa menyelenggarakan acara – acara kebudayaan islam di tempat ini sehingga tercapai pergerakan ekonomi dan tersebarnya syiar dakwah melalui Kampung Angkringan Kampung Inggris.

Camat Pare bapak Nizam Subechi, S.Sos menyempatkan waktunya ditengah kesibukan beliau untuk menghadiri pembukaan Kampung Angkringan Kampung Inggris, beliau berpesan agar masyarakat tetap sehat dan mengawali segala sesuatu dengan baik. Karena sesuatu yang berawal baik akan mendapatkan kebahagiaan.

Hadir pula dalam acara ini Sekretaris Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Kediri bapak Santoso, menyatakan bahwa pihaknya siap membantu apa saja yang berkaitan dengan Kampung Angkringan Kampung Inggris beserta potensi didalamnya.

Sebagai puncak acara, Mr Kalend Osen sebagai sesepuh dan pendiri Kampung Inggris meresmikan dibukanya Kampung Angkringan Kampung Inggris. Beliau berpesan bahwa semua harus menjaga kualitas. Dengan menjaga kualitas maka kuantitas akan mengikutinya. Sebagai orang asli Kutai Kartanegara, beliau bercerita bahwa 50 tahun lebih beliau berada di Pare selalu berharap agar Kampung Inggris dapat berdampak positif kepada masyarakat sekitar. ” Kampung Angkringan Kampung Inggris harus menjadi Angkringan Internasional, nanti tamu – tamu bule saya pasti akan sering saya ajak kesini, jangan bosan – bosan ketemu saya ” ujar beliau.

Sebagai kearifan lokal dalam mengharap berkah-Nya, ujung tumpeng yang berjumlah tujuh itu diserahkan Koordinator Kampung Angkringan Kampung Inggris Edy Yuliarso kepada sesepuh Kampung Inggris Mr. Kalend Osen dan mempersilakan seluruh hadirin untuk menikmatinya. (prasetyo)